INILAH ISI SARKOFAGUS BERUSIA 2 RIBU TAHUN

Baca Juga


Bulan Juli ini sebuah sarkofagus berhasil ditemukan oleh para arkeolog di Alexandria, Mesir. Tak lama setelah penemuan tersebut, banyak spekulasi berdatangan. Jika yang ditemukan dalam sarkofagus ini adalah jasad dari Raja Alexander maka bagi siapa saja yang membukanya akan mendapatkan kutukan.

Namun setelah dibuka, spekulasi tersebut pun dipatahkan. Para arkeolog didampingi dengan Kementerian Barang Antik dan Benda Kuno Mesir malah menemukan tiga kerangka yang tertutup limbah. Diduga kerangka tersebut adalah para tentara Mesir kuno pada zaman Firaun.

Pernyataan tersebut seperti yang dilansir Live Science. Sayangnya sarkofagus ini tertutup oleh limbah cair berwarna kecoklatan dengan bau yang tidak sedap. Bahkan merembes ke beberapa titik. Untungnya kerangka tersebut masih bisa dianalisis, seperti pada salah satu kerangka yang mengalami luka tusuk akibat anak panah.

"Pun belum diketahui apakah ada artefak lain yang dikubur bersama sarkofagus granit hitam ini," ucap salah satu peneliti.


Sarkofagus ini memiliki panjang 2,7 lebar 1,5 meter dan tinggi 1,8 meter dengan berat 27 ton. Benda purbakala tersebut diklaim sebagai yang terbesar yang pernah ditemukan di Alexandria.

"Selain dibuat dengan granit hitam, sarkofagus juga dilapisi dengan mortar tebal yang menutupi sebagian besar badannya," kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir.

Melihat kejadian tersebut, sarkofagus ini diduga tak pernah di buka setelah dikubur. Dengan adanya penemuan tersebut, para arkeolog kini akan mempelajari lebih mendalam terkait kapan dan bagaimana mereka meninggal.


No comments